Manfaat Root Android dan Kerugian Root Smartphone Android

Apakah saya harus nge Root Smartphone android saya? Apa saja keuntungan dan  manfaat dari root android? Dan apa pula kerugian jika nge root smartphone android? 



Itulah pertanyaan yang sering diajukan oleh para pengguna android pada umumnya ketika mereka ragu akan nge root atau tidak hp android mereka. Ya, itu pertanyaan yang wajar. Beberapa orang nge root android karena mereka mengerti tentang seluk beluk android dan beberapa diantaranya melakukan root hanya mengikuti prosedur dan tidak tau apa untung rugi nya mereka nge root hp android meraka.

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, jika orang yang mengerti android baru membelli sebuah smartphone baru, tidak lama mereka akan langsung nge root hp mereka tanpa memikirkan kerugian. mereka nge root smartphone mereka untuk mendapatkan fitur fitur yang sangat menarik yang tersembunyi.

Jika anda ragu akan root hp android atau tidak, mungkin artikel yang saya share kali ini bisa sedikit membantu memecahkan masalah anda.

Pengertian Root

Root sendiri pengertian sederhana nya adalah proses tweak /mendapatkan akses administrator dari perangkat android yang kita miliki. Dengan rooting, anda bisa melakukan apapun yang anda inginkan terhadap hp android anda. Anda dapat menambah kan custom ROM, Cyanogen, overclock, downgrade, upgrade dan lainlain. Dengan kata lain. dengan rooting anda dapat menggunakan hp android anda berbeda dari sebelum anda nge root android anda dan masuk jauh kedalam sistem android.

Manfaat dan Keuntungan Root HP Android


  • Hak Administrator : Dengan root anda bisa mendapatkan hak admin dan men tweak sistem android semau kita.
  • Menghapus BloatWare : Bloatware adalah aplilkasi atau tema bawaan pabrik yang tidak dapat dihapus. dengan rooting anda bisa dengan mudah menghapus bloatware untuk menambah space memory maupun menambah aplikasi lain.
  • Menjalankan Aplikasi yang membutuhkan akses Root : Beberapa aplikasi android membutuhkan akses root untuk dpat berjalan, itu artinya jika anda belum me rooting smartphone anda, anda tidak dapat menjalankan aplikasi tersebut.
  • Install Custom ROMS ; Dengan root anda bisa menginstall custom ROMS yang anda sukai.
  • Memindahkan Aplikasi ke SD card : setelah melakukan rooting anda dapat memindahkan aplikasi aplikasi anda ke sd card, hal ini tentu akan menghemat memory internal anda, dan membuat sistem android berjalan lebih cepat.


Kerugian Root Smartphone Android

Root memiliki beberapa kerugian di antaranya :
  • Menghilangkan Garansi : Yaps, dengan rooting anda akan kehilangan garansi dari smartphone android, Secara teknis root akan menjebol batasan batasan yang dibuat oleh pabrik, jadi ketika batasan itu kita jebol tentu akan merusak garansi nya.
  • Smartphone anda bisa rusak : Ketika anda melakukan root, menambahkan script , menginstall custom roms, jika anda melakukan dengan tidak hati hati dapat merusak sistem android. jika anda tidak berhati hati dan membaca panduan dengan teliti bisa menyebabkan bootloop atau bahkan lebih parah 
  • Tidak mendapatkan Update Firmware : Setelah anda melakkan root pada smartphone android anda, anda tidak akan lagi mendapatkan update firmware dari pabrik.


Itulah manfaat keuntungan root android dan kerugian root android. Keren bukan? Masih bingung? Jika hp android anda sudah tidak bergaransi atau garansi sudah habis, anda tidak perlu pikir panjang.


Semoga artikel kali ini bermanfaat dan membantu anda yang sedang dilema :v Selamat mencoba dan Salam :D 

Post a Comment for "Manfaat Root Android dan Kerugian Root Smartphone Android"