10 Cara menghemat Daya Tahan Battery dan RAM pada HP android

Cara menghemat Daya Tahan Battery dan RAM pada HP android

Smartphone android akhir akhir ini menjadi sangat popular, Bila di ibaratkan saat ini Smartphone itu seperti sebuah komputer tablet mini yang bisa kita bawa kemanapun kita pergi. Dengan Smarphone android anda dapat mengecek email, terhubung dengan sosial media atau hal lainnya. Banyak aplikasi yang sering kita gunakan sehari hari, akan tetapi, aplikasi aplikasi tersebut kebanyakan membuat hp smartphone android kita cepat habis.

Jika anda seorang pengguna smartphone android, dan sering menggunakan fitur fitur yang terdapat pada hp anda, anda pasti sering mengalami bahwa umur batery anda tidak sampai 1 hari. Untuk itu, ada beberapa cara, tips untuk meningkatkan umur batery dan menghemat batery hp android anda.

Cara Menghemat Battery dan Ram pada HP Android


Dengan cara dan trick sederhana ini setidaknya anda dapat menghemat battery dan RAM anda. 

1. Kurangi Tingkat Kecerahan Layar
Layar yang besar, dan berwarna dengan tingkat kecerahan yang tinggi, akan sangat sanga membuat batery menjadi boros dan cepat habis. Kurangi tingkat kecerahan (Brightness) hp android anda atau dengan cara menggunakan "Auto-Brightness". Fitur auto-brightness akan secara otomatis menyesuaikan tingkat kecerahan.

2. Kurangi Waktu Time out Layar
Waktu time out adalah waktu dimana hp android anda akan menjadi gelap saat tidak ada aktifitas pada layar. Kuraangi lah screen timeout sependek/sesingkat mungkin untuk menghemat battery. Saran saya sekitar 30dtk atau kurang adalah yang terbaik.

3. Matikan Bluetooth dan Wi-fi
Semua pengguna android pasti senang dengan koneksi gratis, apalagi ada wifi gratis. Hal itu akan menjadi sangat membuat battery anda boros saat anda tidak menggunakan koneksi wifi / bluetooth tetapi tetap menghidupkan wifi/bluetooth. Matikan lah fitur Wifi dan bluetooth saat setelah selesai digunakan. Fitur wifi/bluetooth yang hidup itu berarti ada hardware yang berjalan, dan hardware yang berjalan berarti membutuhkan daya battery, apabila dimatikan tentunya akan sangat menghemat dan memperpanjang umur battery.

4. Gunakan lah GPS bila diperlukan Saja
Jangan lah bertingkah konyol, GPS adalah fitur dari android yang memakan daya yang sangat besar karena GPS terhubung langsung ke satelit dan untuk mencari sinyal satelit, GPS akan menyedot daya batery anda. Ada beberapa Apps Android yang menggunakan fitur GPS tracking yang masuk ke dalam sosial network apps, place app , google maps, dll. Gunakan lah GPS seperlunya.

5. Pindahkan App ke Micro-SD
Menjalankan dan menginstall apps pada android akan sangat banyak menggunakan space RAM. Cobalah install/pindahkan aplikasi ke Micro-SD. Hal ini akan menghemat RAM anda dan dengan berkurangnya space RAM akan mempercepat kinerja dari smartphone android and. 

6. Install App Battery Saver
Banyak sekali batery saver android di market google play store. Fungsi dari app semacam battery saver ini adalah untuk memonitor daya battery pada hp android anda dan akan mematikan aplikasi atau program program yang tidak berguna. 

7. Aktifkan "Power Saver Mode"
Pada dasarnya setiap hp android menyertakan mode power saver /penghemat daya. Mode ini secara otomatis akan nyala ketika daya batery anda kurang dari 20%, namun anda dapat mengatur nya sesuai keinginan anda.

8. Matikan Getaran /Vibration
Pada settingan ringtone hp android anda ada opsi "Ring and Vibrate" , hal ini tentunya membutuhkan daya lebih untuk telpon bergetar ketika ada notifikasi. Saran saya disini gunakanlah salah satu nya, gunakan ring saja atau vibrate saja. 

9. Matikan Notifikasi
Notifikasi adalah fitur ketika ada pemberitahuan masuk, secara otomatis layar hp android anda akan menyala. matikanlah fitur ini karena akan lebih menghemat daya tahan battery

10. Matikan Auto-Sync
Auto-Sync adalah fitur android dimana ketika hp android anda terhubung ke internet atau online akan secara otomatis mensinkronisasi setiap aplikasi yang terinstall pada hp. itu artinya auto sync akan banyak menggunakan space RAM. Ubahlah settingan auto-sync ke mode manual atau matikan . dengan cara ini akan lebih mempercepat kinerja smartphone android anda.

Demikianlah share saya tentang Cara menghemat Daya Tahan Battery dan RAM pada HP android. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. Salam

0 Response to "10 Cara menghemat Daya Tahan Battery dan RAM pada HP android"

Post a Comment