Panduan Tata Cara Melaksanakan Shalat Tahajud yang Baik dan Benar ( Bacaan & Doa )

Panduan Tata Cara Melaksanakan Shalat Tahajud yang Baik dan Benar ( Bacaan & Doa )

Pengertian Shalat Tahajud

Shalat tahajud adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada setelah shalat isya hingga sebelum menjelang shalat subuh dengan waktu yang utama yaitu 1/3 malam terakhir  atau sebelum subuh dan shalat tahajud dikerjakan setelah tidur atau kita bangun pada malam hari untuk melaksanakan shalat ini. Shalat tahajud juga sering disebut dengan shalat malam, karena waktu pelaksanaan shalat tahajuda adalah pada malam hari dimana orang orang lain sedang tidur. Shalat sunah tahajud sendiri merupakan shalat sunah yang tidak pernah ditinggalkan oleh Nabi kita Muhammad SAW sepanjang hidupnya karena keutaman dan keistimewaan dari shalat tahajud itu.

Tata Cara Shalat Tahajud :

Tata cara melaksanakan shalat tahajud tidak jauh berbeda dengan shalat wajib lainya. Gerakan, bacaan nya sama dengan shalat wajib, yang membedakan hanyalah terletak pada niat nya.

  • Berniat untuk mengerjakan shalat tahajud
  • Raka'at pertama membaca surah Al Fatihah, setelah itu di lanjut dengan Bacaan/surah lain yang anda kira sudah hafal
  • Pada raka'at kedua/selanjutnya lakukan seperti raka'at pertama
  • Salam

Waktu Shalat Tahajud

Sebelum ke praktek ada baiknya kita mempelajari waktu yang tepat untuk melakukan shalat tahajud. Menurut para ulama, ada 3 pembagian waktu pada malam hari. yaitu sebagai berikut :

  • Sepertiga Malam Pertama yaitu antara jam 19.00 atau sehabis shalat isya hingga jam 22.00
  • Sepertiga Malam yang kedua yaitu dari jam 22.00 hingga jam 01.00 pagi.
  • Sepertiga Malam yang terakhir yaitu mulai jam 01.00 hingga menjelang waktu subuh.
  • Sepertiga malam yang terakhir adalah waktu yang paling utama dalam menjalankan shalat tahajud. 

Rakaat Shalat Tahajud

Dalam tata cara praktek shalat tahajud, mengenai jumlah rakaat yang dikerjakan adalah tidak dibatasi, sedikitnya 2 rakaat (2 rakaat 1 salam)

Niat Sholat Tahajud

Ushallii sunnatat-tahajjudi rak'ataini lillaahi ta'aalaa.
Artinya: "Aku niat shalat sunat tahajud dua rakaat karena Allah"

Bacaan dan Doa shalat Tahajud

Sebenarnya untuk doa shalat tahajud tidak ditentukan, ber doa bisa dengan bahasa sendiri dan juga menurut situasi yang sedang dialami, hajat apa yang sedang di impikan, dan masalah apa yang sedang dihadapi. Akan tetapi, Nabi Muhammad SAW mencontohkan doa seusai shalat tahajud, Beliau selalu membaca doa ini seusai melaksanakan shalat tahajud, doa nya adalah sebagai berikut :

اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ 

Artinya: "Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya. Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari- Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum. Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau".

Doa Sapu Jagad :

رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْءَاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ 

Artinya : "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka".(QS, 2:201)

Setelah selesai mengerjakan shalat tahajud, dianjurkan untuk membaca wirid.

  • Perbanyak Istighfar dan Dzikir-dzikir Lainya
  • Perbanyak Sholawat
  • Dan dianjurkan melaksanakan sholat witir

Keutamaan dan Keistimewaan Shalat Tahajud


  • Orang yang menegakkan qiyamullail akan terpelihara dari gangguan setan, dan bangun di pagi hari dalam keadan segar dan bersih jiwanya
  • Mengetahui di malam hari itu ada 1/3 malam terakhir dimana Allah Subhanahu wa Ta ’ala akan mengabulkan doa orang yang berdoa, memberi sesuatu bagi yang memintaa, dan mengampuni yang memohon ampun pada-Nya
  • Ciri-ciri orang Shaleh dan Menjadikan sebab masuk surga.
  • Jalan mendapatkan rahmat Allah
  • Sarana Pengabulan permohonan
  • Penghapus dosa dan kesalahan
  • Jalan mendapat tempat yang terpuji
  • Bangkit Dari Kubur Dengan Wjah Berseri, Pada hari pembalasan kelak orang tersebut akan dibangkitkan oleh Allah dari alam kubur dengan wajah yang tanpa berseri-seri, tanpa ada rasa ketakutan dan kekhawatiran
  • Keringanan Dalam Hisab, Pada saat penghisaban (penghitunagn) amal baik dan buruk pada hari kiamat kelak Allah akan memberikan keringanan
  • Mudah Menyeberang Shirotol Mustaqim, Allah juga akan memberikan kemudahan dan kecepatan secepat kilat bagi mereka, saat menyeberang shirotol Mustaqim.
  • Amalnya Diberikan Dari Tangan Kanan, Segala amal perbuatannya di dunia akan diberikan oleh Allah dari tangan kanan karena banyak kebaikan yang telah tercatat semasa hidupnya di dunia
  • Waktu utama untuk berdoa
  • Dan Masih banyak lagi keutamaan shalat tahajud lainya
Sekian share tentang Panduan tata cara mengerjakan shalat tahajud yang baik beserta bacaan dan doa dan keutaman nya. Semoga bermanfaat dan menjadi amal soleh sobat sekalian.

Selamat mempraktekan dan mengerjakan sholat tahajud sob. Mari berlomba lomba dalam kebaikan :)







0 Response to "Panduan Tata Cara Melaksanakan Shalat Tahajud yang Baik dan Benar ( Bacaan & Doa )"

Post a Comment