Pengertian Intranet dan Internet Secara Sederhana

Apa itu Intranet? Apa itu Internet?



Beberapa waktu lalu teman saya ada yang menanyakan tentang jaringan Intranet. Apa Perbedaan Intranet dan Internet? dia tanya

untuk itu saya tertarik untuk membuat postingan yang menjelaskan tentang pengertian intranet dan internet secara sederhana nya saja. Dari pengertian ini akan diketahui juga perbedaan dari dua hal tersebut.

Pengertian Internet
Internet Sendiri merupakan sebuah singkatan dari Interconnection Networking yang artinya Seluruh "Jaringan Komputer" yang saling terhubung satu sama lain dengan menggunakan Protokol TCP/IP Pertukaran paket data secara global. Mungkin Bagi yang belajar jaringan tidak asing dengan istilah TCP/IP (Transmision Control Protocol/ Internet Protocol).
Jadi Secara sederhananya begini, contoh: dalam sebuah negara terdapat banyak "jaringan" komputer, "jaringan-jaringan" komputer tersebut saling terhubung, dan "jaringan-jaringan" komputer tersebut membentuk koneksi/terhubung dengan "jaringan lain", misal ke negara lain, itulah yang disebut internet.

Jadi kalau saya bilang Internet / Interconnection Networking adalah koneksi "antar jaringan" dalam sekala yang sangat luas/Global.

Pengertian Intranet
Intranet sendiri adalah sebuah jaringan komputere, lebih tepat nya bersifat private network atau pribadi yang biasanya dimiliki oleh sebuah organisasi ataupun perusahaan. Jadi Sederhananya, Intranet adalah bagian kecil dari internet tapi besifat Private, atau hanya boleh diakses yang terkoneksi didalam jaringan intranet tersebut.
Dalam Intranet juga mengguanakan protokol yang sama yaitu TCP/IP dan beberapa protokol lainya  yang mendukung koneksi antara Client dan Server.

Itulah Pengertian sederhana antara Intranet dan Internet. semoga mudah dipahami sobat semua.
Semoga Bermanfaat :D

Post a Comment for "Pengertian Intranet dan Internet Secara Sederhana"