Cara Budidaya Ikan Sidat di Kolam Terpal | Peluang Bisnis

Cara Budidaya Ikan Sidat | Peluang Bisnis 


Cara Budidaya ikan sidat, Satu lagi peluang bisnis yang bisa kita jadikan usaha sampingan maupun usaha utama yaitu beternak ikan sidat. Ikan sidat sendiri merupakan ikan yang sering dijadikan makanan khas jepang, jadi harga jual ikan sidat ini bisa terbilang tinggi karena permintaan akan pasar international atau peluang ekspor nya sangat tinggi, khususnya ekspor sidat ke negara Jepang.

Jika anda mempunyai lahan dan melihat peluang bisnis ini, seharusnya anda tertarik untuk mulai bisnis sidat ini.

Budidaya ikan sidat ini juga bisa dibudidayakan di kolam terpal,, tidak permanen tapi akan lebih irit biaya dan tidak terlalu ribet. Kolam terpal sendiri digunakan sebagai media pembesaran ikan sidat itu sendiri.

Bibit Ikan Sidat. Untuk bibit ikan sidat sendiri anda bisa membelinya langsung ke peternak lain untuk dibesarkan di kolam sendiri. Untuk harga bibit sidat sendiri tergantung dari harga si yang punya bibit, saya sendiri menemukan bermacam variasi harga nya. Tergantung jenis ikan sidat itu sendiri

Berikut salah satu contoh harga ikan sidat yang bisa dijadikan referensi :
Jenis Bicolor.
Glass Ell = Rp.550.000 perkilo isi 6.000-8.000 ekor
250 gram up = Rp.70.000 perkilo

Jenis Marmorata.
Glass Ell = Rp.800.000 perkilo isi 6.000-8.000 ekor
250 gram up = Rp.90.000 perkilo

BIBIT SIDAT (Marmorata)
(1) Ukuran Glass Eel (5 Cm) : Rp 400rb/kg.
(2) Ukuran Elver (12 cm): Rp 195rb/kg.
(3) Ukuran Fingerling ( 40 Cm): Rp 115rb/kg.

SIDAT KONSUMSI (Marmorata)
(1) Ukuran 250-500 gr: Rp 90rb/kg.
(2) Ukuran 500 gr-1 kg: Rp 100rb/kg.
(2) Ukuran 1 kg up: Rp 130rb/kg.

Silakan anda cari di google dengan kata kunci "jual bibit ikan sidat" atau "harga bibit ikan sidat" dan bandingkan untuk menemukan harga termurah dan juga jika jarak nyang jauh tidak terlalu membebani ongkos kirim ke tempat kita.

Untuk harga jual ikan sidat sendiri berdasarkan informasi yang saya terim, saat ini kisaran 150rb/kg dan bisa mencapai 300-600rb per kg. WOW harga yang fantastis dengan permintaan pasar yang tinggi pula.
Cara Budidaya Ikan Sidat di Kolam Terpal | Peluang Bisnis
Budidaya Ikan Sidat

Cara Budidaya Ikan Sidat di Kolam Terpal

Disini Saya akan sedikit menjelaskan tentang teknik budidaya ikan sidat berdasarkan informasi yang saya peroleh (ya, tentu saja saya bukan ahli sidat).

Kenapa di kolam terpal dan tidak di kolam tanah? Ikan sidat yang dibudidayakan di kolam tanah akan membuat ikan sidat itu berbau lumpur, bau lumpur itu sendiri akan menurunkan harga ikan sidat dipasaran, turunya harga yang disebabkan karena bau lumpur ini sangat drastis dan dapat mencapai 40 % - 50 % dari harga normal. Jadi akan sangat merugikan kita sendiri, karena konsumen dari ikan sidat sendiri diantaranya restoran restoran jepang dan juga untuk keperluan ekspor.

Dengan Kolam terpal sebagai media pembesaran sidat akan lebih baik dan juga terhindar dari bau lumpur. Untuk biaya pembuatan kolam terpal sendiri memakan biaya kurang lebih 70ribu/m2. jadi tinggal dikalikan saja berapa m2 kolam terpal yang ingin kita buat. Kolam terpal sendiri cukup awet untuk digunakan bisa mencapai 5 tahun tergantung kondisi dari terpal, bila ujung terpal mulai robek bisa di ganti dengan yang baru.

Teknik pembesaran ikan sidat dengan kolam terpal hanya perlu pembersihan dasar kolam secara rutin. Pembersihan dasar kolam dari sisa makanan dan kotoran sidat bissa dilakukan antara 10 hari sekali dan jika umur kolam sudah mencapai 3 bulanan bisa lebih intens dalam pembersihan kolam.
Selain Pembersihan kolam, kadar oksigen dalam kolam juga perlu diperhatikan. untuk masalah ini bisa menggunakan kincir seperti yang digunakan di tambak.

Untuk pemberian makan sidat bisa diberikan dengan pakan yang berprotein tinggi untuk mempercepat pembesaran dari ikan sidat.

Cukup itu dulu cara dan teknik budidaya ikan sidat. semoga bisa sedikit membantu. dan untuk yang berminat terjun ke bisnis sidat ini, semoga berhasil





0 Response to "Cara Budidaya Ikan Sidat di Kolam Terpal | Peluang Bisnis "

Post a Comment