Cara Budidaya Ternak Bekicot | Peluang Bisnis Usaha Sampingan

Cara Budidaya Ternak Bekicot | Peluang Bisnis Usaha Sampingan


Bagi sobat yang sedang mencari peluang bisnis untuk usaha sampingan sobat, mungkin budidaya atau beternak bekicot ini bisa dijadikan salah satu referensi sobat.

Kenapa Budidaya Bekicot??
Bekicot sendiri merupakan hewan moluska berlendir yang menjijikan kali ya, tapi dibalik itu hewan ini mempunyai banyak khasiat dan manfaat salah satunya bekicot merupakan sumber protein hewani yang mengandung asam amino yang tinggi. selain itu bekicot juga sering digunakan untuk obat tradisional untuk menyembuhkan beragam penyakit.

Di beberapa daerah bekicot sering dikonsumsi untuk dijadikan sate atau keripik, kalo di daerah saya sendiri bekicot juga digunakan untuk pakan ternak seperti bebek dan lele untuk menambah asupan gizi ternak.

Untuk itu, kenapa kita memilih bekicot? prospek untuk pasar kedepan bisa dibilang cukup cerah (menguntungkan ) dan karena orang jijik bisa dipastikan akan sedikit orang yang akan menekuni usaha yang sama, jadi akan sedikit pesaing nya. (mungkin anda sendiri juga enggan usaha budidaya bekicot haha)

Langkah Budidaya Bekicot :
Bagi anda yang ingin budidaya bekicot ada beberapa point yang perlu di persiapkan

  • Persiapan kandang dan fasilitas bekicot
  • Persiapan Bibit Bekicot Indukan
  • Pemeliharaan Bekicot
  • Hama dan Penyakit Bekicot
  • Panen Bekicot
========================================================================
  • Persiapan kandang Bekicot

Untuk kandan bekicot sendiri bisa di bilang dinamis atau tidak saklek, kandang bekicot bisa dibuat dari bahan kotak/semen/galian tanah tergantung kondisi dan keinginan. Yang perlu diperhatikan hanya saja pada kondisi kelembaban kandang (jangan basah), gelap dan tidak kena sinar matahari secara langsung.


  • Bibit Bekicot Indukan

Untuk memilih bibit bekicot yang akan dijadikan indukan bisa dengan cara membeli secara langsung ke peternak lain atau juga bisa mencari sendiri di kebun, Habitat bekicot yaitu di kebun pisang, jadi jika anda ingin mencari nya, dikebun pisang pasti akan kita temui bekicot untuk dijadikan bibit. lalu, Bagaimana kita menentukan bibit bekicot? Pilihlah bekicot yang berukuran besar dan berat.


  • Pemeliharaan Bekicot

Untuk Pemeliharaan bekicot ada beberapa hal yang perlu di perhatikan. yaitu sebagai berikut :
- Usahakan selalu jaga suhu dan kelembaban kandang bekicot
- Berikan pakan bekicot berupa daun daunan, daun segar, buah buahan secara teratur.
- Hindarkan hama bekicot dari kandang seperti tikus dll
- Tutup kandang agar bekicot tidak jalan jalan keluar kandang


  • Pemanenan Bekicot

Untuk pemanenan bekicot sendiri tidak ada treatmen khusus, masukan bekicot dalam kayu,cuci bekicot, pencucian bekicot dimaksudkan untuk menghilangkan kotoran, setelah pemanenan jangan beri makan 2hari dengan tujuan untuk menghilangkan lendir pada bekicot dan agar daging bekicot itu sendiri menjadi lunak.

Demikian Cara Budidaya Ternak Bekicot yang bisa dijadikan usaha sampingan atau pun bisnis utama dan juga sekedar menambah wawasan sobat, untuk Teknik budidaya bekicot secara lengkap silakan download ebook nya di link di bawah ini:

Download Ebook Panduan Budidaya Bekicot
Click Here

Post a Comment for "Cara Budidaya Ternak Bekicot | Peluang Bisnis Usaha Sampingan"